Rabu, 16 April 2014

BUNDA ? ...ajak anak ke PAUD ya....


https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRNWnsAyOe0ueZQTn4edMsAf5od6ekz06rC1mNj1YAFQi4qpUzP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI ( paud) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Di dalam PAUD  juga  memberikan kesempatan bagi anak Anda untuk belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan kawan-kawan lainnya. Anak Anda akan belajar hal-hal yang sederhana bersama teman-temannya seperti bagaimana harus saling berbagi, bagaimana cara bergiliran, dan mengikuti sejumlah aturan.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa ada sejumlah kekhawatiran yang dimiliki oleh orang tua ketika orang tua akan memasukan anak ke sekolah.khawatir tentang bagaimana nantinya anak bisa bersosialisasi dengan temannya,apalagi banyak anak yang ketika kita membicarakan sekolah dianya malah nangis banhkan sambil memeluk erat.disini ada beberapa tips untuk bunda tentang bagaimana cara kita untuk mengajak anak bersekolah


Ajak Si Kecil Berbicara
Sebelum masuk sekolah untuk pertama kali, Anda bisa meluangkan sedikit waktu bersama anak Anda untuk berbicara tentang kondisi sekolah,tentang sekolah itu seperti apa,pembelajaran itu bagaimana, teman-teman yang akan ditemuinya, dan aktivitas-aktivitas yang akan dilaksanakan bersama kawan-kawannya. Anda juga bisa mulai memperkenalkan sejumlah aktivitas yang akan dilakukan si kecil di sekolah. Misalnya, seperti bernyanyi dan mewarnai.jadi setidaknya anak sudah diberi sedikit gambaran gambaran menyenangkan yang ada di pembelajaran sekolahnya.

Jangan Terlalu Cemas
Di hari pertama sekolah, anak Anda mungkin akan menangis ketika Anda meninggalkannya di ruang kelas sendirian. Anda mungkin tidak akan tega membiarkan anak anda menangis,tapi di kelas kan sudah ada guru yang dapa embantu anak mengatasi masalah tersebut. Namun kalaupun anak menangis terus dan minta anda untuk selalu menemaninya di dalam kelas, Anda bisa mencoba tersenyum dan katakan pada anak bahwa Anda akan keluar sebentar dan segera kembali dan semuanya akan baik-baik saja.

Selalu Beri Dukungan
Tidak semua anak bisa beradaptasi dengan mudah di sekolah. Jika Anda melihat anak Anda mengalami kesulitan atau masalah di sekolah, Anda tak perlu memarahinya. Tetap dukung anak Anda untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Semuanya butuh proses dan Anda hanya perlu mendampingi dan mendukung anak Anda untuk berhasil melewati proses tersebut.


Salah satu kunci penting untuk membuat anak Anda betah dan nyaman mengikuti kegiatannya di sekolah adalah dengan selalu menjaga komunikasi.. ketika anak baru pulang dari sekolah anda bisa bertanya tentang hal-hal yang didapatkan anak Anda dan pengalaman yang ia dapat di sekolah. Bebaskan anak Anda untuk mengeluarkan semua uneg-uneg yang ada di dalam diri mereka. Dengan begitu, Anda juga bisa mengontrol perkembangan dan kemajuan anak Anda di sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar